Khasiat dan Manfaat

Oyong

                                                



     Sayur oyong sangat populer di masyarakat Indonesia sebagai salah satu sayuran yang memiliki cita rasa yang sangat lezat. Sayuran yang memiliki nama latin luffa cylindrica ini tumbuh hampir di seluruh daerah di Indonesia, terutama daerah-daerah pegunungan. Dan, kalau Anda jalan-jalan ke pasar tradisional maka disitu banyak pedagang yang menjual sayuran ini. Oyong yang pula dikenal dengan gambas atau ceme ini dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan, seperti sup, tumis, atau dijadikan lalapan (setelah direbus terlebih dahulu).
     Tanaman oyong merupakan tanaman tunggang. Ia tumbuh merambat, sehingga dalam pembudidayaanya harus memakai penyanggah yang terbuat dari bambu atau kayu. Buahnya bersiku-siku memanjang kulitnya keras layaknya kaktus sedangkan dagingnya lunak dan halus berwarna hijau, sedangkan kalau sudah matang warnanya coklat muda.
     Di kalangan masyarakat Sunda, biji oyong dijadikan sebagai obat penurun gula darah. Bagi siapa saja yang akan naik haji, biasanya sebelum berangkat mereka cukup mengkonsumsi 2 biji setiap hari selama 2 minggu. Dengan begitu, gula darahsi calon haji akan turun. Sehingga dalam pemeriksaan gula darah oleh medis sebelum berangkat haji akan terpantau normal.

No comments:

Post a Comment