Khasiat dan Manfaat

Tomat

                                      
     Tomat merupakan salah satu jenis sayuran buah yang paling digemari oleh setiap orang karena rasanya enak, segar, dan sedikit asam. Buat tomat berbentuk bulat dan sedikit lonjong. Warna kulit buah tomat muda berwarna hijau dan setelah semakin tua akan berwarna merah. kulit buah halus rata tidak berduri. Kalau sudah matang, buah tomat akan berwarna merah sampai ke dalam dan mengandung air yang lumayan banyak. biji tomat berukuran sangat kecil.
     tomat dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi. Jenis tomat sayur lebih baik ditanam di dataran rendah. sementara tomat apel lebih baik ditanam di dataran tinggi.
     Tanaman tomat harus ditanam pada tanah yang gembur karena tanaman tomat sangat peka terhadap tanah yang sedikit kekurangan zat-zat hara terutama unsur nitrogen. Tanah liat yang sedikit mengandung pasir dengan derajat keasaman tanah (pH) antara 5-6 sangat disukai tanaman ini.
     Karena tanaman tomat sangat rentan terhadap hujan, maka dalam penanamannya dilakukan pada awal musim kemarau. Sedangkan jika ditanam pada musim hujan, bukan tidak tumbuh, tetapi tanaman sering mengalami kegagalan karena banyak terjadi serangan penyakit daun dan buahnya banyak yang pecah sehingga mutunya menurun.
     Tomat dapat dijadikan berbagai jenis makanan, seperti sup sebagai bumbu, sambal, jus tomat, lalapan atau dimakan langsung, dan lain sebagainya.
     Sedangkan kandungan yang terdapat dalam tomat adalah vitamin A, C, B1, karbohidrat, lemak, protein, lycopene, tomatin, karoten dan asam sitrat. Kandungan vitamin A- nya lebih tinggi 2-3 kali dari semangka

No comments:

Post a Comment