Khasiat dan Manfaat

INGGU ( Ruta angustifolia (L.) Pers )




     Tumbuhan herba inggu berasal dari eropa Selatan serta afrika utara. Di Jawa tumbuhan ini sering ditanam di kebun pada daerah pegunungan sampai ketinggian 1000 m dpl, tumbuh tegak, tinggi mencapai 1,5 m, batang berkayu, silindris, ramping, percabangan banyak, lemah, seluruh bagian bila diremas berbau tak sedap. 

Sifat dan khasiat : herba berasa pedas, agak pahit, dingin berkhasiat anti piretik, analgesik, anti radang, antitoksik, karminatif, membuyarkan bekuan darah, anti konsulvan, emenagog, abortivum, pembersih darah, stimulan pada saraf dan kandungan, antelmintik. Minyak Atsirinya mengandung Oleum rutae, rasanya pahit, pedas dan memualkan, larut dalam air, tetapi tidak larut dalam alkohol dan eter.  Berkhasiat sebagai abortivum dan rubifasien.

Cara pengobatan :

  •  Demam
    Sebanyak 1/2 genggam herba inggu segar dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai air rebusannya tersisa 3/4 bagian. Setelah dingin lalu disaring, dapat ditambah madu sebelum diminum. Sehari 3 kali, masing-masing 3/4 gelas.
  • Kejang pada anak
    Sebanyak 15-20 g daun inggu segar dicuci bersih lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, dibagi untuk 2 kali minum, yaitu pagi dan sore hari.
  • Sebanyak 10 lembar daun inggu dicuci bersih dan digiling sampai halus. Tambahkan cuka seperlunya, remas sampai merata. Setelah selesai, adonan tadi dipakai untuk mengompres ubun-ubun anak yang sedang kejang.
  • Nyeri ulu hati
    Sebanyak 15g herba inggu segar dicuci dan direbus dengan 3 gelas dicuci dan direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum sekaligus.
  • Merangsang haid
    Sebanyak 28 g herba inggu kering direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, siap untuk diminum. Setiap kali minum cukup 1/2 gelas.
  • Kecikukan
    Sebanyak 3/5 genggam daun inggu dicuci, lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai airnya menajdi 3/4 bagian. setelah dingin disaring, siap untuk diminum. Sehari 3 kali, masing-masing 3/4 gelas. Setiap kali minum dapat ditambah made secukupnya.
  • Sakit telinga
    Tiga genggam daun inggu segar dicuci bersih lalu dibilas dengan air matang. Tumbuk sampai halus, kemudian peras dengan sepotong kain. Air perasanya diteteskan pada telinga yang sakit.
  • Sakit kepala
    Satu genggam daun inggu segar dicuci bersih lalu ditumbuk sampai lumat. Hasilnya dibagi dua sama banyak, tempelkan pada kedua pelipis.
  • Saki gigi
    Tiga lembar daun inggu sebar dicuci bersih lalu dibilas dengan air matang. Lumatkan dengan jari sampai lunak. Masukkan ke salam lubang gigi lalu ditutup dengan kapas.
  • Ketombe, Gudig
    Segenggam daun segar, sepotong kunyit dan 1 sendok teh beras dicuci bersih lalu digiling halus sampai seperti bubur. Gosokkan pada kulit kepala atau kulit yang terkena gudig.
  • Bisul
    Segenggan daun inggu dicuci bersih lalu digiling halus. Hasil gilingannya diperas dan air perasannya ini dicampur dengan bubuk indigo. Gunakan untuk memoles bisul.
  • Hepatitis
    Daun inggu segar sebanyak 1/3 genggam dicuci bersih, lalu tambahkan 3 gelas air bersih kemudian direbus sampai airnya tersisa separo. Setelah dingin disaring. Tambahkan air gula batu seperlunya bila hendak diminum. Sehari diminum 2 kali, masing-masing cukup 3/4 gelas.
 Catatan :
  1. Perempuan hamil dilarang menggunakan tumbuhan ini. Dosisi yang berlebihan menimbulkan tanda acro-narcotic poison dan menyebabkan keguguran pada perempuan hamil.
  2. Beberapa zat aktif dalam herba ini dapat menimbulkan hipersensitif terhadap cahaya bagi pemakaianya ( fototoksik ). Setelah menggunakan herba ini, hindari terkena cahaya matahari langsung untuk mencegah timbulnya kemerahan pada kulit, pembengkakan sampai luka bakar.
  3. Timbulnya dermatitis dapat terjadi pada beberapa pengguna yang sensitif.

No comments:

Post a Comment