Khasiat dan Manfaat

SRIGADING (Nyctanthes arbor tritis Linn.)

                                    

       Srigading merupakan pohon kecil atau semak yang biasa ditanam di pekarangan rumah. Tumbuhan yang berasal dari Asia Selatan ini tidak berbentuk indah namun ditanam karena harum bunganya yang menyeruak di malam hari. Dengan warna mahkota bunga yang khas, bunganya mekar setelah matahari terbenam. Pada siang hari bunga yang mekar pada malam sebelumnya luruh.
      Pohon kecil atau semak. Batang lunak dengan permukaan kasar, agak bergabus. Daun tersusun berselang-seling, tunggal, dengan bentuk bundar telur, ujung meruncing, permukaannya kasar, tepinya rata, kadang-kadang beringgit. Bunganya harum, dengan mahkota bunga lima hingga delapan berwarna putih tetapi di bagian tengahnya jingga cerah, tersusun secara berkelompok. Buahnya bertipe kendaga bundar berbentuk hati, pipih, dengan diameter 2cm, dengan dua ruang, masing-masing berisi satu biji.
      Selain sebagai tanaman hias pekarangan, srigading ditanam di pekuburan di Jawa Tengah dan Jawa Timur sebagai pengharum lingkungan, mendampingi kamboja. Bunganya dapat menghasilkan warna kuning yang sulit dihilangkan, sehingga dijadikan sumber pewarna kuning. Selain itu, bunga yang kering kadang-kadang dicampurkan pada seduhan teh sebagai pengharum.
      Nama daerahnya antara lain suruh gading, sari gading, Sirih gading, Kembang pengantin, Daun karangan.

Kandungan kimia : Daun mengandung tanin, metil salisilat, resin, niktantin, dan gula. Bagian bunga mengandung minyak asiri dan zat warna merah yang disebut niktantin.

Khasiat : Emenagog, Ekspektoran

Bagian tanaman yang digunakan : Bunga dan Daun

Cara Pengobatan: 
  • Demam nifas : Bunga srigading segar sebanyak 10g, dicuci bersih. Rebus dengan 2gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. setelah dingin disaring, diminum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.
  • Demam yang membandel, demam pada malaria : Daun srigading segar cuci bersih, lalu makan bersama seiris kecil jahe segar.
  • Ruam Kulit kusta : Beberapa kuntum bunga srigading segar diseduh, lalu diminum seperti teh, lakukan setiap hari.
  • Cacing gelang, Cacing kremi : Air perasan daun srigading sebanyak 1 sdm ditambah sedikit madu dan garam, minum malam hari sebelum tidur.
  • Nyeri pinggul, pegal pinggan bagian bawah : Daun srigading sebanyak 1 genggam direbus dengan 3 gelas air memakai api kecil sampai tersisa 1 gelas, setelah dingin disaring, lalu diminum sekaligus.

No comments:

Post a Comment