Khasiat dan Manfaat

SEMANGGI SUROBOYO


Semanggi Pujasera KARTIKA
Adress ;
Jln. Diponegoro No. 56
Surabaya
Telp 031-5672827
Buka tiap hari Pukul 09.00 - 22.00





   
      Begitu khasnya makanan ini, jika dianalogikan dengan flora fauna, makanan ini boleh dikategorikan sebagai "spesies" yang perlu dilindungi. Sebagian besar penjual makanan ini berasal dari desa kendung, Benowo, wilayah pinggiran surabaya yang berbatasan dengan gresik.
     Dilihat dari isinya, semanggi tergolong makanan yang sangat sederhana. Bentuknya mirip pecel yang biasa kita makan. Itu sebabnya makanan ini kadang disebut sebagai pecel semanggi. Bedanya, pecel biasa disajikan sebagai lauk pendamping nasi, sedangkan semanggi tidak. Makanan ini bukan lauk karena tidak disajikan dengan nasi atau lontong.
     Semanggi merupakan tanaman paku-pakuan yangbiasa tumbuh liar di sawah. Sayuran inilah yang kemudian direbus kemudian ditambah kecambah lalu disiram sambal pecel. Sambal pecelnya beda dengan sambal pecel yang biasa kita makan.  sambal pecelnya berbahan utama ketela rambat yang dilumat dengan kacang tanah, gula merah dan petis. sambal cabai dibuat terpisah. Keduanya dicampur pada saat akan dihidangkan. Makanan ini disajikan secar tradisional di atas  pincuk daun pisang, tanpa sendok, tanpa garpu, tanpa nasi, tanpa lontong. Cara makannya disendok dengan memakai kerupuk puli ( kerupuk dari beras)

No comments:

Post a Comment