Khasiat dan Manfaat

Manfaat Bayam


Zat besi yang terkandung dalam sayur bayam sangat bermanfaat untuk penambah darah. Bagi yang memiliki penyakit anemia ( kurang darah ) maka sebaiknya perbanyak makan sayur bayam.

Selain itu, kandungan zat besi dalam sayur bayam memiliki fungsi sebagai transportasi utama dalam mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh, berperan dalam produksi hemoglobin dan menyokong sistem kekebalan tubuh. Jika kekurangan zat besi, rentan sekali terkena penyakit.

Bayam juga bermanfaat untuk disentri, ambien, demam, melancarkan ASI, melancarkan dahak, memperkuat fungsi hati, mencegah penuaan dan mengandung anti oksidan. Hal ini karena di dalam bayam mengandung betakaroten, lutein, klorofil, asam folat, dan mangan. Selain itu, asam folat yang terkandung dalam bayam mampu memerangi kadar homosistein dalam darah penyebab jantung koroner.

Kandungan folic acid yang ada di bayam juga mampu melindungi otot jantung dari meningkatnya kadar glukosa yang mudah larut dan mengandung B9. Vitamin ini biasanya menjadi suplemen bagi perempuan yang mengandung untuk melindungi bayi dari cacat pada bagian syaraf. Manfaat bayam lainnya adalah kemampuannya mengurangi pembentukan batu empedu, sebab bayam kaya magnesium.

Melihat segala nilai positif yang dimiliki oleh daun bayam, apalagi bahan sayuran ini mudah didapatkandi sekitar kita, sudah selayaknya kita membiasakan diri untuk mengkonsumsi bayam.

No comments:

Post a Comment