Khasiat dan Manfaat

SAYUR BAGI KESEHATAN TUBUH


Sayur merupakan jenis tumbuhan yang bisa atau dapat di makan, yang kaya akan manfaat bagi tubuh manusia. Sayuran dapat kita jumpai di banyak tempat, halamn rumah, kebun sayur, pasar, dan lain-lain.

Pada umumnya, sayuran berwarna hijau, tetapi ada juga sayuran yang berwarna ungu seperti di terong, merah seperti di cabe, dan masih banyak lagi. Tahukah anda bahwa ternyata warna tersebut memiliki kandungan khusus ( memiliki manfaat ) bagi kesehatan tubuh manusia.

Mau tahu apa khasiat dan manfaat sayuran berdasarkan warnanya? berikut ini adalah khasiat dan manfaat sayuran bagi kesehatan tubuh:

SAYURAN BERWARNA HIJAU

Komponen utama yang terkandung dalam sayuran berwarna hijau adalah klorofil. Klorofil ini mempunyai banyak khasiat dan manfaat. Dikarenakan sayuran hijau memiliki banyak zat anti radang, anti bakteri, anti parasit, anti oksidan, dan anti kanker.

Jika anda mengkonsumsi sayuran hijau ini maka akan mampu mendorong dan mempercepat pembersihan jaringan yang sudah tidak baik, berikut bakteri, parasit, dan racun kimia sintetis. Klorofil juga akan membantu fungsi hati membongkar senyawa kimia sintetis seperti pestisida, narkotika, monosodium glutamat, boraks, dan formalin saat anda mengkonsumsinya. Klorofil juga mampu meningkatkan produksi sel darah merah sekaligus sebagai perangsang produksi sel darah putih. Oleh sebab itu, sayuran hijau juga mampu menjadi penenang alami, karena di dalamnya mengandung asam nukleat dan asam amino.

Untuk mendapatkan manfaat klorofil, konsumsilah sayuran berhijau daun seperti bayam, alfalfa, brokoli, selada, kacang hijau, sawi, seledri, bok choy, brussel sprouts.

 
Di samping mengandung klorofil, sayuran hijau juga mengandung asam folat, vitamin C, dan vitamin K. Di mana asam folat sangat baik untuk ibu hamil. Hal itu dibutuhkan untuk mencegah terjadinya cacat pada susunan syaraf janin. Selain itu, asam folat sangat baik untuk mencegah penyakit anemia, kardivaskuler, menurunkan resiko kanker dan mencegah alzhaimer serta mampu meningkatkan kemampuan kerja otak dan memori jangka pendek. Sedangkan vitamin C dan K sangat baik untuk menghancurkan sel kanker, juga sebagai zat beku darah.

SAYURAN BERWARNA ORANGE

Kandungan pada sayuran orange adalah zat warna yang disebut betakaroten, alfakaroten, vitamin A, vitamin C, vitamin E, falcarinol, dan asam sitrat.

Kandungan tersebut sangat baik untuk merawat saraf penglihatan, mencegah terjadinya plak dan timbunan kolesterol di dalam pembuluh darah sehingga menurunkan resiko penyakit jantung. Selain itu, sayuran berwarna orange sangat baik mengurangi resiko kanker, memerangi radikal bebas dalam tubuh, menurunkan resiko stroke, dapat menghambat perkembangan gen N-myc yang memicu kanker, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Penyakit kanker ( terutama kanker kolon ) , batu ginjal juga dapat dicegah dan diobati dengan sayuran berwarna orange ini. oleh sebab itu, perbanyaklah mengkonsumsi sayuran berwarna orange ini, karena begitu banyaknya manfaat yang terkandung di dalamnya.

SAYURAN BERWARNA KUNING

Sayuran berwarna kuning ini, mengandung pigmen betacryptoxanthin, lutein, dan zeaxanthin. Ini sangat baik bagi tubuh untuk mencegah osteoporosis, terutama pada wanita pasca menopause, sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan DNA, juga mengurangi resiko kanker dan tumor.

No comments:

Post a Comment