Khasiat dan Manfaat

Cabai Merah

     Cabai merah merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Warnanya yang merah sangat menggoda selera makan sehingga tidaklah heran jika membuat semua orang suka terhadap sayuran yang satu ini. Walaupun warnanya menarik tetapi memiliki rasa pedas. Masakan terasa hambar jika tidak diberi bumbu yang satu ini. Sehingga setiap ibu rumah tangga selalu menyajikan masakan-masakannya dengan atau memakai sayuran ini.

     Cabai merah merupakan herba tegak yang memiliki akar tunggang dengan banyak akar samping yang dangkal. Tanaman cabai merah ini dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 1-2,5 m. Sementara bagian batang yang muda berambut halus dan bercabang banyak. Daunya tersebar dengan helaian daun bulat telur memanjang atau elips berbentuk lanset, serta pangkal dan ujung meruncing. Sedangkan bunga cabai merah mengangguk dengan ukuran tanggai 10-18 mm. Bentuknya seperti terompet kecil dan umumnya berwarna putih, walau ada juga yang berwarna ungu.

     Daging buah cabai merah berupa keping-keping tidak berair. Bijinya berjumlah banyak serta terletak di dalam ruangan buah dan melekat pada plasenta.

     Cabai merah kaya akan kandungan kapsaisin, dihidrokapsaisin, vitamin A dan C, damar, zat warna kapsantin, karoten,kapsarubin,zeasantin, kriptosantin, lutein, dan mineral berdasarkan penelitian. Sehingga dapat bermanfaat bagi tubuh manusia.

No comments:

Post a Comment