Khasiat dan Manfaat

Daun Mangkokan

     Daun mangkokan adalah salah satu jenis sayuran yang bulat melengkung, mirip seperti mangkok serta memiliki warna hijau. Ia daun tunggal dan bertangkai. Pada pangkal daunnya berbentuk jantung, tetapi bergerigi. Ia memiliki diameter sekitar 6-12 cm.
     Tanaman ini sering dijadikan sebagai pagar atau tanaman hias.. Mangkokan ini ini tidak pernah berbunga. Ia hidup di daerah terbuka yang terkena sinar matahari.
      Untuk membudidayakannya sangat mudah dan tanaman yang termasuk gampang tumbuh. Dalam pembudidayaannya cukup dengan memotong bagian batangnya dengan ukuran 20 cm dan langsung bisa ditancapkan ke dalam tanah  (stek).
     Sebagai sayurnya adalah daun mangkokan yang masih muda dan bisa dijadikan berbagai jenis masakan, seperti pecel, urap, lalapan, dan lain sebagainya. Daun mangkokan juga biasanya digunakan untuk menyegarkan masakan serta menghilangkan aroma anyir pada bahan masakan seperti ikan atau otak sapi. Cara penggunaannya adalah dengan mengiris tipis-tipis kemudian mencampurkannya dengan  masakan.
     Daun mangkokan merupakan salah satu sayuran yang kaya akan kandungan kalsiumoksalat, perioksidase, amygdalin, fosfor, besi, lemak, protein, serta vitamin A, B1, dan C.

No comments:

Post a Comment