Khasiat dan Manfaat

Daun Pepaya

      Tanaman yang satu ini selain buahnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, ternyata daunnya juga sering dijadikan sebagai sayuran. Daun muda dan kembang serta buah yang masih muda dari tanaman pepaya ini sering dijadikan sebagai sayuran dengan berbagai jenis masakan. Bisa di oseng-oseng, pecel, urap, bahkan lalapan mentah (coel sambal).
      Tidak seperti buahnya, daun dan kembang pepaya rasanya pahit. Oleh sebab itu, tidak jarang orang yang tidak suka sayuran ini. Tetapi jika Anda bisa mengolahnya maka rasa pahit dalam daun dan kembang pepaya ini bisa sedikit dihilangkan, walaupun tidak hilang sama sekali (rasa pahitnya tetap ada). Walaupun memiliki rasa pahit, tetapi tidak jarang pula orang yang suka.
      Daun pepaya berwarna hijau dan kembangnya berwarna putih. Daunnya memiliki tangkai yang bulat dan panjang, tetapi di dalamnya kosong seperti pipa. Panjang batang daun pepaya sekitar 10-50 cm.
      Kandungan yang terdapat dalam daun pepaya adalah karpain, kalsium, fosfor, hidrat arang besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan carposide.

No comments:

Post a Comment