Khasiat dan Manfaat

Daun Singkong

     Daun singkong merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat banyak digemari masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan memiliki rasa yang khas. Daun singkong yang masih muda memiliki warna hijau. Daunnya yang berbentuk seperti kaki ayam dan pada ujungnya lancip runcing. Antara daun dan pohon terdapat tangkai yang memiliki panjang sekitar 10-20 cm.
     Di pasar-pasar tradisional banyak dijajakan sebagai sayuran. kalau di masakan padang biasanya dijadikan lalapan utama. Sedangkan di daerah Sunda biasanya dijadikan lalapan dengan sambal atau diurap. Dan, banyak cara lain lagi untuk menjadikan daun singkong ini menjadi menu makanan yang lezat.
     Anda tahu bahwa ternyata selain daunnya yang dijadikan sayuran, umbinya juga dapat dimakan dan dijadikan makanan pokok pengganti nasi. Umbinya dapat dijadikan berbagai makanan ringan, seperti keripik, getuk, digoreng, dibakar, dan lain sebagainy
     Singkong dapat tumbuh diberbagai daerah di Indonesia. Banyak masyarakat pedesaan yang membudidayakan tanaman ini. Sehingga menjadikan komoditi yang sangat menjanjikan atau mempunyai nilai ekonomi tinggi. Di dalam umbinya terdapat aci atau juga biasa disebut tepung tapioka. Ini sebagai bahan utama dalam pembuatan kerupuk.
     Kandungan daun singkong sangat banyak, diantaranya kalori, protein, fosfor, hidrat arang, dan zat besi. Sedangkan kandungan vitamindalam dau singkong terdiri dari vitamin A, B1, C, tannin dan fitofarmaka. Kandungan tersebut tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia.

No comments:

Post a Comment