Khasiat dan Manfaat

Jamur Tiram

     Jamur tiram (pleurotus ostreatus) adalah salah satu jenis jamur yang dapat disayur. Jamur tiram memiliki ciri-ciri umum berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung serta memiliki tangkai yang tumbuh menyamping. Sementara permukaan tudungnya agak sedikit licin. Rata-rata ukuran jamur tiram sekitar 5-20 cm yang bertepi tudung mulus sedikit berlekuk.
     Di alam bebas, jamur tiram dapat tumbuh di sepanjang tahun, tetapi lebih banyak ditemui apabila sudah masuk di musim hujan. Karena jamur tiram saat ini dibudidayakan maka dapat kita jumpai di sepanjang tahun di supermarket, swalayan, pasar tradisional, serta tempat-tempat pembelanjaan lainnya (biasanya nyatu dengan sayuran yang lain dalam memperdagangkannya). Sedangkan media tumbuhnya jamur tiram adalah tumbuh di batang-batang kayu yang sudah lapuk. Oleh sebab itu, jamur tiram termasuk jamur kayu. Sehingga dalam pembudidayaannya, Jamur tiram dibudidayakan dengan media serbuk gergaji kayu, merupakan limbah dari penggergajian kayu.
     Jamur tiram dapat dijadikan berbagai masakan seperti sup, bakmi, dan lain-lain. Bahkan akhir-akhir ini, jamur tiram banyak dibuat menjadi makanan ringan (snack), seperti keripik.
     Jamur tiram banyak mengandung protein, air, kalori, karbohidrat, zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.

No comments:

Post a Comment