Khasiat dan Manfaat

Leunca

                                              

     Leunca merupakan salah satu jenis sayuran buah yang banyak digemari oleh masyarakat Sunda. Di Jawa Barat leuncamerupakan salah satu sayur menu utama. Banyak masakan Sunda yang disajikan dengan leunca. Salah satunya adalah ulukutek leunca dan karedok.
     Tanaman leunca merupakan tanaman tunggang yang tingginya sekitar 1m. Ia dapat hidup di berbagai kondisi. Biasanya ditanamn di ladang, sawah, kebun, atau di halaman runah sebagai penghias halaman. Dalam pembudidayaanya sangat mudah, cukup hanya dengan menaburkan biji leunca yang sudah matang ke tanah.
     Buah leunca berbentuk bulat kecil. Sedangkan warna leunca muda adalah hijau muda sampai hijau tua. Sementara kalau sudah tua warnanya berubah menjadi coklat tua sampai hitam. Dalam buah leunca terdapat banyak biji yang ukurannya sangat kecil.
     Di daerah lain mungkin tidak begitu populer, tetapi di Jawa Barat (Sunda) sayuran ini sangat populer. Kalau Anda jalan-jalan ke pasar tradisional di Jawa Barat, maka Anda akan banyak menemukan pedagang sayuran yang menjajakannya.
     Pada masyarakat Jawa Barat (Sunda), leunca dipercaya memiliki khasiat untuk memperbanyak atau mempercepat pruduksi sperma pada pria.
     Selain bisa dijadikan masakan ulukutek leunca, leunca juga dapat dibuat karedok dan bahkan bisa dijadikan lalapan mentah.
     Kandungan yang dimiliki leunca sangatlah kaya, diantaranya adalah kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, solasonine, solasodine, solamargine, solanine, glikoalkaloid, solanidine, diosgenine, tigogenine, atropine, saponin, dan minyak lemak. Kandungan tersebut sangatlah berguna untuk kesehatan tubuh manusia.

No comments:

Post a Comment