Khasiat dan Manfaat

Mentimun

                                                      

     Mentimun adalah salah satu jenis tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukan.
     Habitat mentimun merupakan tanaman yang setengah merambat dan tanaman semusim. Dimana setelah berbunga dan berbuah maka tanaman akan mati. Bunga pertama yang dihasilkan, biasanya pada usia 4-5 minguu, adalah bunga jantan. Bunga-bunga selanjutnya adalah bunga banci apabila pertumbuhannya baik. Satu tumbuhan dapat menghasilkan 20 buah, namun dalam budidaya biasanya jumlah buah dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang baik.
     Ketika masih muda, buah mentimun berwarna hijau dengan larik-larik putih kekuningan. Setelah buah tersebut semakin tua maka warnannya berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah bulat panjang seperti terung.
     Mentimun dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan, salah satunya sayur lodeh, karedok, pecel, acar, dan bahkan bisa dijadikan lalapan mentah.
     Disamping lezat dimakan, mentimun juga ternyata memiliki beberapa kandungan yang baik untuk kesehatan. Kandungan yang terdapat dalam mentimun adalah fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin E, flavonoid, polifenol asam malonat, asam folat, zat saponin, protein, lemak, kalsium, zat besi, belerang, serat, dan kukurbitasin C

No comments:

Post a Comment