Khasiat dan Manfaat

Paprika

                                       

     Paprika adalah tumbuhan penghasil buah yang berasa manis dan sedikit pedas. Buahnya berwarna hijau, kuning, merah, atau ungu sering digunakan sebagai campuran salad.
     Tanaman paprika umumnya tumbuh setinggi 50 - 150 cm. Tanaman ini cocok di berbagai iklim dan dapat tumbuh di berbagai belahan dunia. Untuk budidaya dengan hidroponik tinggi bisa mencapai 3-4 m.
     Di Indonesia banyak dibudidayakan di daerah yang memiliki udara sejuk. daerah tersebut diantaranya Bandung, Cianjur, bogor, Garut, Wonosobo, Kota Batu, Bedugul, dan Nusa Tenggara Timur ( sekitar daerahSembulun, kaki Gunung Rinjani).
     Tanaman berasal dari Amerika Selatan ini, dapat diolah menjadi berbagai olahan sebagai campuran salad, seperti tumis paprika udang,  lumpia paprika udang, tumis daging paprika, dan lain sebagainya. Karena rasanya khas yang enak dan lezat, maka paprika dapat dijadikan campuran di berbagai resep masakan.
     Selain dapat dijadikan berbagai olahan masakan, paprika juga mengandung banyak vitamin A, B1, B2, dan C (150-250 mg/100g), protein , lemak, karbohidrat, zat besi, naicin, askorbat, kalori, kalium, riboflafin dan naisin. Itu semua merupakan zat yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh manusia.

No comments:

Post a Comment