Khasiat dan Manfaat

Khasiat Paprika

Paprika banyank manfaat yang terkandung di dalamnya antara lain :
  1. Meningkatakan daya imunitas tubuh. Karena kaya akan vitamin dan zat lain yang sangat dibutuhkan tubuh, maka paprika sangat baik untuk meningkatkan daya imunitas tubuh. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa paprika mengandung vitamin C. kandungan vitamin C yang sangat tinggi dibandingkan dengan vitamin C pada jeruk. Jenis paprika yang memiliki vitamin C tinggi adalah paprika merah, yaitu setiap 100g paprika merah mengandung 190mg vitamin C, sedangkan pada jeruk dengan ukuran sama (100g) hanya mengandung 30-50mg vitamin C.
  2. Mencegah penyakit mata. Paprika juga kaya akan vitamin A dan betakaroten. Vitamin A sangat diperlukan tubuh untuk mencegah penyakit mata, pertumbuhan sel sisitem kekebalan tubuh, reproduksi, serta menjaga kesehatan kulit. Mengkonsumsi paprika akan membantu menjaga kesehatan kulit, mencegah ruam dan jerawat. 
  3. Mencegah kanker. Karena dalam paprika mengandung betakaroten, maka zat ini berfungsi sebagai zat yang memberikan perlindungan lebih optimal terhadap munculnya kanker kulit dan paru. Dimana kemampuan betakaroten bekerja sebagai antioksidan berasal dari  kesanggupannya menstabilkan radikal berinti karbon. Sebagian besar kandungan betakaroten paprika terkonsentrasi pada bagian di dekat kulit. Sama seperti sayuran lainnya, semakin tua warna paprika, betakaroten di dalamnya semakin banyak. Sementara kandungan likopen pada paprika dapat mencegah terjadinya kanker prostat. Dari hasil penelitian yang dilakukan di Universitas Yale menemukan bahwa pria yang terbebas dari kanker prostat memiliki lebih banyak likopen dalam darahnya dibandingkan pria yang sakit. Begitu juga hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard pada tahun 2002, membuktikan bahwa laki-laki yang mengkonsumsi likopen dalam jumlah banyak memiliki resiko kanker lebih rendah, khususnya kanker prostat.
  4. Meningkatkan jumlah sperma. Konsumsi likopen pada paprika merah diyakini dapat meningkatkan kualitas seksual. Likopen diyakini dapat meningkatkan jumlah sperma, memperbaiki struktur sperma, dan meningkatkan agresivitasnya.
  5. Mengobati luka memar dan keseleo. Senyawa capsaicin yang terkandung dalam paprika bisa mem-blok transmisi rasa sakit dari kulit ke sumsum tulang belakang dan mencegah sensasi rasa sakit. Ini sangat membantu dalam mengobati penyakit yang terkait dengan nyeri termasuk keseleo.
  6. Menumbuhkan jaringan rambut yang baru. Ekstrak paprika adalah salah satu penyubur rambut terbaik sekaligus menumbuhkan rambut baru.Paprika juga akan mencegah kerusakan mahkota Anda sekaligus mempertahankan rambut tetap tebal.
  7. Membakar kalori. Mengkonsumsi paprika mempercepat metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori. Konsumsi paprika juga mengurangi berat badan karena diet lemak tinggi. Hal ini juga menyebabkan sekresi cairan pencernaan dan mencegah gangguan alat pencernaan.
  8. Membangun regenerasi sel tubuh.
  9. Mengobati infeksi tenggorokan dan hidung.
  10. Menurunkan kadar gula darah.
  11. Mencegah penyakit sinusitis.
  12. Penyakit telinga. 
  13. Melancarkan saluran pencernaan.

No comments:

Post a Comment