Khasiat dan Manfaat

Khasiat dan Manfaat Sawi Putih

Sawi putih banyak sekali manfaatnya, antara lain :
  1. Mencegah osteoporosis, Kandungan vitamin K dalam sawi putih dapat mengatur protein tulang dan kalsium di dalam tulang.
  2. Mencegah penyakit kolesterol dan jantung. Kandungan vitamin E, betakaroten dan vitamin C dalam sawi putih dipercaya sangat baik untuk mencegah kolesterol dan penyakit jantung. Di samping itu dalam sawi putih terdapat niasin yang sangat baik untuk memperkecil proses ateroskerosis, sehingga kemungkinan terjadinya serangan jantung dapat dicegah atau dihindari.
  3. Menjaga kornea mata agar selalu sehat. Dengan adanya vitamin A pada sawi putih membuat  sel epitel akan mengeluarkan keratin, yaitu protein yang tidak larut dalam air dan bukan mucus.
  4. Mencegah anemia. Kandungan asam folat yang terdapat dalam sawi putih dipercaya sangat baik untuk membentuk dan produksi butir-butir darah merah normal dalam sumsum tulang.
  5. Dapat melindungi kulit. Kandungan vitamin E dalam sawi putih dipercaya sangat baik sebagai antioksidan utama di dalam sel.
  6. Menyembuhkan luka serta daya tahan tubuh melawan infeksi dan stres. Kandungan vitamin C dalam sawi putih hampir setara dengan jeruk. Komposisi 1 cangkir sawi cukup untuk memenuhi 59% kebutuhan tubuh akan vitamin C perhari.
  7. Mencegah diabetese melitus. Kandungan kalsium dalam sawi putih dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.
  8. Mencegah terjadinya kanker. Adanya kandungan indol dan isotiosianat dalam sawi putih dapat menurunkan risiko terjadinya berbagai jenis kanker, yaitu kanker payudara, prostat, ginjal, kolon, kandung kemih dan paru-paru.
  9. Mencegah penyakit gondok. Kandungan goitrogen yang terdapat dalam sawi putih dapat menghambat fungsi kelenjar tiroid, menyebabkan terjadinya goiter gondok.                       

Catatan :
Bagi yang mengalalmi gangguan pada ginjal sebaiknya mengkonsumsi sawi putih daripada sawi hijau karena mengandung oksalat yang berlebihan.

No comments:

Post a Comment