Khasiat dan Manfaat

Sawi Putih (Sawi Manis)

                                         
     Sawi putih dikenal sebagai sayuran olahan dalam masakan Tionghoa, Karena itu disebut juga sawi manis atau sawi Cina. Disebut sawi putih karena daunnya cenderung kuning pucat dan tangkai daunnya putih. Sawi dapat dilihat penggunaannya pada asinan ( diawetkan dalam cairan gula dan garam), dalam capcay, atau pada sup bening. Sawi putih beraroma khas namun netral.
     Habitus tumbuhan ini mudah dikenali : memanjang, seperti silinder dengan pangkal membulat seperti peluru. Warnanya putih, daunnya tumbuh membentuk roset yang sangat rapat satu sama lain.
     Sawi putih hanya tumbuh baik pada tempat-tempat sejuk, sehingga di Indonesia ditanam di dataran tinggi. Tanaman ini dipanen selagi masih pada tahap vegetatif (belum berbunga). Bagian yang dipanen adalah keseleruhan bagian tubuh yang berada di permukaan tanah. Produksinya tidak terlalu tinggi di Indonesia.
     Karena sawi putih merupakan sayuran, maka sayuran ini dapat diolah dengan berbagai jenis masakan, seperti ditumis, campuran nasi atau mie goreng, bahkan sekarang sudah banyak rumah makan yang menyuguhkan jus sawi.
     Kandungan yang terdapat dalam sawi putih adalah vitamin K, E, C, A, protein, asam folat, indol, isotiosianat, naisin, sulforan, kalsium, betakaroten, goitrogen, dan mineral.

No comments:

Post a Comment