Khasiat dan Manfaat

Terubuk

                                                         
     Mungkin tidak semua orang kenal dengan sayur yang satu ini. Ini adalah terubuk. Ia tumbuh di ladang atau di pekarangan rumah. Sekarang terubuk tidak atau sudah jarang dibudidayakan. Hal itu karenan tanaman ini terlalu rimbun dan hanya menghasilkan sedikit sayurnya. Oleh sebab itu, para petani agak sedikit ogah menanam terubuk.
     Banyak orang mengira bahwa terubuk ini adalah kembang tebu. Padahal itu salah besar. Memang tanaman ini mirip tebu, tetapi jelas berbeda.
     Coba Anda perhatikan tanaman tebu! Tebu akan berbunga setelah tanaman tersebut sudah tua. Tetapi jika Anda ambil pucuk tebu, maka tidak akan pernah ada terubuknya. Hal itu jelas, karena tebu dan terubuk hanya mirip tetapi tidak sama. Pohon tebu beruas-ruas dan memiliki air lebih banyak serta rasanya sangat manis. Sedangkan pohon terubuk tidak manis, walaupun sama-sama beruas-ruas dan ada rasa-rasa manisnya sedikit.
     Istilah terubuk di setiap daerah berbeda, seperti halnya di Jawa Barat, terbuk dikenal dengan nama tiwu endog atau terubus., sedangkan di daerah Jawa Timur dikenal dengan tebu endog atau tebu terubuk. Sebutan endog atau telur dikarenakan pada tanaman bagian yang dimakan ini teksturnya mirip dengan telur ikan.
     Bagian yang dipanen adalah bagian 'malai' yang masih muda, sedangkan yang dikonsumsi adalah bagian bunga yang terbungkus dengan pelepah daun atau dikenal dengan istilah kelobot.
     Terubuk dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan, seperti ditumis, sayur lodeh, dibakar, campuran kare, sayur asem, bahkan dimakan mentah juga bisa. Namun ada juga yang mengkonsumsi dengan cara digoreng dengan menggunakan tepung atau dibuat perkedel. Terubuk bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional seperti di pasar Cikini ampiun..
      Terubuk ternyata kaya akan nutrisi dan zat-zat yang baik dan bermanfaat bagi tubuh. Kandungan mineralnya cukup tinggi terutama kalsium dan fosfor, disamping vitamin C yang tak kalah tinggi. kandungan lain dalam terubuk adalah karbohidrat dan zat besi yang cukup tinggi.
     Untuk khasiat dan manfaat sayur terubuk bagi kesehatan tidak begitu banyak diketahui. Tetapi kalau kita lihat komposisi nutrisi dan gizi yang terkandung di dalam sayur terubuk tersebut jelas sedikit- banyaknya memberikan kontribusi positif bagi kesehatan tubuh manusia. Karena sudah sangat jarang dijumpai di pasar-pasar tradisional, maka ini tidak bisa dijadikan menu-menu sehari-hari bagi keluarga Anda, apalagi tinggal di kota, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota-kota lainnya. Tetapi jika Anda ingin mencoba mencicipinya, coba Anda sengaja datang ke pasar-pasar tradisional di daerah Jawa Barat. Di sana kemungkinan besar akan Anda temui dan bisa Anda coba mencicipinya dan mengolahnya menjadi masakan yang sesuai dengan selera Anda.

No comments:

Post a Comment