Khasiat dan Manfaat

CENDANA ( Santalum album Linn )




      Cendana sendiri merupakan sebagai penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Orang Belanda biasanya menyebutnya sebagai sandelhout sedangkan orang Inggris mengenalnya sebagai sandalwood. Sedangkan di Indonesia sendiri cendana berasal dari NTT yaitu Pulau Sumba yang kita tahu sebagai julukan pulau Sumba , Sandalwood Island.
Manfaat dan kegunaan kayu cendana bisa sebagai obat alternatif, sedangkan minyak kayu cendana yang dikenal sangat mahal jika membeli dalam bentuk murninya, dan bisa untuk menghilangkan rasa cemas.
      Kayu cendana sendiri digunakan sebagai kipas, rempah-rempah, aromaterapi, bahan dupa, parfum/minyak wangi atau digunakan membalsam jenazah. Bagian yang digunakan sebagai obat yaitu kayu, kulit dan minyak cendana dan bisa sebagai pembersih haid.
Keberadaan jenis kayu cendana wangi atau nama ilmiahnya Santalum album sudah sangat langka dan kalau pun masih ada harganya bisa sangat mahal. Sedangkan pohon kayu cendana yang berasal dari India Selatan di daerah Mysoram terkenl paling bagus kualitas kayunya. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah untuk pembuatan aromaterapi dan minyak wangi/parfum biasanya digunakan jenis kayu cendana jenggi dengan nama ilmiah/latinnya Santalum spicatum.

Khasiat : Anti radang, Anti disentri, Emenagogum.

Bagian tanaman yang digunakan: Kayu, Kulit dan Minyaknya.

Cara Pengobatan :
  1. Gonore Virulenta : Kayu digiling dan ditambah air atau olesi dengan minyak cendana dan tempelkan ditempat yang sakit.
  2. Emenagogum ( Pembersih haid ) : Kulit ditambah air, digiling, disaring dan minum airnya.


No comments:

Post a Comment