Khasiat dan Manfaat

LENGKUAS (Alpinia galanga L. Eilld )


   
        Lengkuas atau laos merupakan tanaman umbi-umbian yang bisa hidup di dataran rendah maupun dataran tinggi. Batangnya terdiri dari ssusunan pelepah daun, daunnya bulat  panjang dimana daun bagian bawah terdiri dari pelepah-pelepah saja sedangkan bagian atas lengkap dengan helaian daun. Bunganya muncul pada ujung tumbuhan.. Tanaman ini memiliki batang semu seperti Jahe tapi tingginya bisa sampai 2 m dan daunnya lebar.
     Lengkuas ada yang berimpang putih adapula yang berimpang merah, yang merah ukurannya lebih besar dan khasiatnya untuk obat lebih banyak.

Kandungan kimia : Galangol, Galangin, Alpinen, Kamfer, Methyl-Cinnamate

Khasiat : Stomakik, Diaforetik, Karminatif, Aromatik, Stimulan, Ekspektoran, Antifungi

Bagian tanaman yang digunakan : Rimpang

Cara pengobatan :
  • Demam : Lengkuas merah 1 rimpang, Air hangat sedikit, Madu 1 sdm, Lengkuas diparut , disaring kemudian ditambah madu. Diminum 1 kali sehari 1 ramuan.
  • Kolera : Lengkuas merah 1 rimpang, Bawang putih 1 umbi, Garam sedikit, Air 110 ml, Dibuat infus, Diminum 1 kali sehari 100 ml.
  • Membersihkan Darah : Lengkuas merah, Dibuat sayur dan lalap, Dimakan sebagai sayur dan lalap.
  • Kurap : Lengkuas 4 rimpang,Bawang putih 1 umbi, cuka sedikit, Air 110 ml, Direbus, Dioleskan pada bagian yang terserang kurap.
  • Obat gosok : Rimpang lengkuas dan alkohol, Iris rimpang lengkuas dan rendam dalam alkohol, Gosokkan pada daerah yang sakit
  • Rematik : Rimpang lengkuas secukupnya, lalu rebus, Siramkan air rebusan yang masih hangat pada persendian yang terasa sakit.
  • Sakit kepala, Nyeri dada, Memperbaiki pencernaan dan menguatkan lambung : Konsumsilah lengkuas pada masakan sehari-hari

No comments:

Post a Comment