Khasiat dan Manfaat

SANGITAN ( Sambucus Javanica Reinw.)


     Sangitan merupakan tanaman asli Indonesia, menyukai tempat-tempat basah dan banyak ditemukan tumbuh liar di tepi-tepi rawa, padang rumput, jalan setapak sekitar sawah atau ditanam penduduk sebagai tanaman hias pekarangan, kadang-kadang sebagai tanaman pagar. Umumnya tanaman ini menyukai tempat-tempat yang tidak terlalu kering atau terlalu lembab di dataran rendah sampai ketinggian 1.000 mdpl.
     Perdu, tahunan, tegak, tinggi 1-4m. Batang bulat, berkayu, dengan percabangan yang banyak. Daun sangitan termasuk daun majemuk menyirip gasal ganda dua tidak sempurna, memiliki 5-11 anak daun yang letaknya meyirip. Helaian anak daun bertangkai, berbentuk elips memanjang sampai lanset, panjang 4-8cm, lebar 1,5-3cm, ujung runcing, tepi gerigi, gundul tidak berambut, warna permukaan atas hijau tua. permukaan bawah hijau muda. Ukuran bunga kecil-kecil, berwana putih, kelopak kecil berlekuk malai rata, keluar dari ujung ranting dan berbau harum. Buahnya buah batu yang menyerupai buni, diameter 3-4mm, buah yang masak berwarna hitam dapat dimakan. Jumlah biji 1-3 buah. Sangitan dapat diperbanyak dengan setek atau biji.
 
Kandungan Kimia :Tumbuhan ini mengandung minyak asiri, cyanogenic glucoside, ursolic acid, â-sitosterol, á-amyrin palmitate, KNO3 dan tanin. Buah mengandung saponin dan flavonoida.

Sifat dan Khasiat : Rasanya manis, sedikit pahit, sifatnya hangat. Herba ini masu meridian hati (liver) dan berkhasiat sebagai peluruh kencing (diuretik), menghilangkan pembengkakan, menghilangkan nyeri (analgesik) an melancarkan sirkulasi.
Akar berkhasiat meredakan kolik (antipasmodik) dan menghilangkan pembengkakan. Buah berkhasiat peluruh kencing, pembersih darah, pencahar dan perangsang muntah.
Bagian tanaman yang digunakan : Akar, herba serta bunga yang di jemur sampai kering bila akan disimpan.

Cara  Pengobatan : 
  • Badan bengkak pada penyakit ginjal dan beri-beri : Cuci 30-60g herba sangitan berikut akarnya, lalu potong seperlunya, rebus dengan 3 gls air sampai tersisa 1 gelas. Saring setelah dingin dan minum sekaligus di pagi hari.
  • Rhematik, Sakit pinggang, Bengkak akibat terpukul : Rebus 15-30 g tumbuhan sangitan kering dalam 3 gls air hingga tersisa 1 gls, Setelah dingin saring dan gunakan untuk 2 kali minum pagi dan, air ini bagus untuk kompres bagian yang bengkak.
  • Rubela : Seluruh tumbuhan secukupnya dibersihkan dan di potong lalu direbus dengan 3-5 liter air sampai mendidih lalu hangat-hangat digunakan untuk mandi.
  • Sakit Kuning : Cuci akar kering 30-50 gatau 90 g akar basah lalu potong seperlunya, Tambahkan daging sapi sama banyak lalu tim, setelah dingin air diminum dan dagingnya dimakan .
  • Bengkak akibat terpukul, Patah Tulang : Cuci 20 g akar kering, potong tambahkan 400 cc air putih dan 2 sloki arak putih, Rebus sampai airnya tinggal setengahnya. Tambahkan gula pasir 30 g dan aduk rata, setelah dingin saring dan airnya diminum untuk pagi dan sore.


No comments:

Post a Comment