Khasiat dan Manfaat

CERI


      Ceri adalah pohon yang sangat disukai di Jepang dan bunganya disebut sakura. Pada awal musim semi, di saat bunga ceri bermekaran, orang-orang berpiknik di taman-taman yang ditumbuhi pohon ini. Di Australia ceri biasanya matang sekitar waktu Natal, sedangkan di Amerika dan Eropa selatan pada bulan Juni. Produksi di seluruh dunia saat ini tiga juta ton per tahun. Selain itu bunga dan buah ceri juga dijadikan hiasan hidangan makanan atau minuman. Buah ceri mengandung antosianin, yaitu pigmen warna merah yang baik untuk kesehatan karena merupakan antioksidan. Selain itu, rutin mengkonsumsi buah ceri setiap hari dapat menurunkan jumlah kadar asam urat dalam tubuh, bahkan dapat menyembuhkan pirai. Pohon dari buah ceri juga mempunyai bentuk yang unik dan menarik termasuk dengan bentuk daun yang menyerupai payung sehingga pohon ceri biasanya juga dimanfaatkan sebagai pohon hias.

Khasiat, manfaat dan kandungan dalam buah ceri :

1. Anti-inflamasi
Ceri memang dikenal sebagai anti-inflamasi yang kuat. Hal itu dikarenakan kandungan anthocyanin dalam ceri yang bisa mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

2. Arthritis
Menurut Arthritis Foundation, minum jus ceri sebanyak tiga kali dalam sehari bisa menyembuhkan radang sendi. Sekali lagi, ini disebabkan oleh peran ceri sebagai anti-inflamasi.

3. Kesehatan jantung
Sebuah studi di Universitas Michigan menemukan konsumsi ceri bisa menurunkan semua risiko penyakit jantung, termasuk peradangan, lemak tubuh, dan kolesterol.

4. Anti-kanker
Para peneliti telah menemukan kandungan antioksidan yang tinggi, yang disebut cyanidin, dalam ceri sangat ampuh untuk melawan kanker.

5. Meningkatkan memori atau ingatan
Ceri mengandung antosianin yang sangat baik untuk otak dan dapatmeningkatkan memori atau ingatan secara signifikan.

6. Kandungan beta karoten
Ceri memiliki kandungan beta karoten yang paling tinggi, yakni 19 kali lebih besar dari blueberry atau stroberi.

7. Obat tidur alami
Ceri mengandung melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur tubuh. Maka dari itu, makan ceri bisa meningkatkan siklus tidur yang baik. Alhasil, tubuh pun menjadi lebih bugar dan sehat.

No comments:

Post a Comment