Khasiat dan Manfaat

KUPANG LONTONG PASAR SUKO



Adress :
Jln. Raya Suko
Sidoarjo (Sebelah pasar suko)
Buka setiap hari pukul : 10.00 - 17.00






     Kupang adalah hewan laut sejenis kerang, tapi berukuran kecil. Dimasak dengan bumbu-bumbu antara lain bawang putih, gula merah, garam, bumbu penyedap, dan petis. Dihidangkan dengan irisan lontong dan lentho. Mirip lontong balap, pasangan kupang lontong adalah sate kerang sebagai cemilan dan es degan. Selain menetralkan rasa gurih kupang, es degan juga dipercaya berfungsi mencegah alergi bagi mereka yang tidak tahan makan kupang.
     Warung kupang lontong yang patut diacungi jempol adalah kupang lontong Pasar Suko. Kuahnya yang gurih berpadu dengan rasa petis yang khas, kental,dan berarorama udang. Tekstur lontongnya padat meskipun saat dimakan terasa lembut. Tidak ketinggalan lentho yang renyah semakinn menambah lengkap kenikmatan kupang lontong Pasar Suko. Nadir yang mewarisi usaha ini dari orang tuanya, Pak Slamet, terletak pada kaldu kupang. Air rebusan kupang tidak dibuang melainkan dibuat untuk campuran kaldu. Ini yang akan membuat rasa kupang menjadi gurih dan sedap.
     Seporsi kupang lontong Pasar Suko dijual dengan harga Rp 5.000,- saja. Sate kerangnya dihargai Rp 4.000,- setiap 5 tusuk. Sedangkan es degan hanya Rp. 3000,- segelas.

No comments:

Post a Comment