Khasiat dan Manfaat

TAHU KUPAT PAK GOMBLOH




Adress :
Jln. Perintis Kemerdekaan No. 62
Solo
Telp. 0271 - 711322
Buka tiap hari pukul 06.00 - 15.00 WIB






     Konon, sang pencipta makanan ini adalah mbah Po, lima generasi sebelum para penjual tahu kupat sekarang. Selain dijual berkeliling keluar masuk kampung, ada sejumlah penjual yang memiliki warung permanen. Salah satu warung tahu kupat yang tersohor adalah warung tahu kupat pak Gombloh, pemiliknya Pak Warsino Hadiyono, biasa dipanggil Pak Gombloh. Pak Gombloh masih menggunakan cara tradisional dengan menggunakan lumpang batu untuk menumbuk bawang putih seperti 32 tahun silam saat dia mulai berjualan keliling, dan selongsong kupatnya dari daun pandan tikar
     Tahu kupat Solo tidak menggunakan sambal kacang (seperti tahu kupat Magelang) tetapi bumbu kecap. Masakan ini lebih mirip tahu gimbal, makanan khas Semarang. Sebagian orang menyebut tahu kupat sebagai tahu guling.
     Satu porsi tahu kupat terdiri atas tahu pong yang diiris dadu kecil-kecil, kupat, irisan bakwan goreng, kubis, dan kecambah. Topping-nya kacang tanah goreng dan daun seledri. Racikan ini kemudian disiram dengan air bawang putih dan kecap. Cabai ulek akan ditambahkan sesuai pesanan.

No comments:

Post a Comment