Khasiat dan Manfaat

RUJAK CINGUR AKHMAD JAIS


Adress :
Jln. Ahkmad Jais 40 Surabaya
Telp. 031 - 5328443
Buka Senin - sabtu pukul : 10.00 - 17.00
Minggu pukul : 11.00 - 17.00


    
     Orang-orang mengenalnya sebagai rujak cingur Akhmad Jais karena lokasi warung berada di Jln. Akhmad Jais . Ini rujak cingur paling legendaris di surabaya. Perintis warung ini Ny Lin Siang Yu, mulai berjualan sejak 1970, ketika harga seporsi masih Rp 25,-. Ia mulai berjualan rujak cingur secara kebetulan. awalnya, ia hanya ingin membantu menghabiskan jualan cingur seorang pedagang keliling yang buta. Tak disangka, ternyata rujak cingur buatannya diminati banyak orang.
    
     Begitu terkenalnya rujak cingur ini sampai menjadi langganan para presiden jika sedang berkunjung ke surabaya. Jennifer, generasi ketiga pemilik warung sekarang mengaku  bahwa warung rujaknya pernah melayani ajudan enam presiden Indonesia, Mulai dari Bung Karno sampai SBY.

     Rujak Cingur Akhmad Jais sebenarnya tidak jauh berbeda  dengan rujak cingur lainnya ; Sayur-sayuran rebus seperti kangkung dan taoge, irisan tahu dan tempe goreng, potongan buah bengkuang dan mangga muda, tentu saja tak ketinggalan potongan cingur yang sudah dibumbui dan direbus. bumbunyapun sama, isinya petis, kacang tanah goreng, irisan bawang putih goreng serta pisang kluthuk alias pisang batu, diulek menjadi satu , diencerkan dengan sedikit air, dan cabai sesuai selera.

No comments:

Post a Comment