Khasiat dan Manfaat

SATE KELAPA ONDOMOHEN

Adress :
* Pagi (Bu Asih)
Jln. WalikotaMustajab (gang ondomohen)
Magersari II Surabaya
Buka tiap hari pukul : 05.00 - 15.00
* Malam (Ibu Naifah)
Jln. Walikota Mustajab
Telp. 031 - 5344685, 5481357
Buka tiap hari pukul : 17.30 - 23.30


     Satu lagi makanan khas Madura. Warga Surabaya menyebutnya sate kelopo ( sate kelapa ). Bentuk sate kelapa ini seperti sate Madura pada umumnya. Bedanya, yang dipakai bukan daging kambing melainkan daging sapi. Yang khas, sate ini dibakar dengan bumbu kelapa.

Seebelum dibakar, daging sapi diungkep bersama parutan kelapa berbumbu. Bumbu yang dipakai antara lain bawang merah, bawang putih, kunyit, garam, kemiri, parutan kelapa. Parutan kelapa ini akan menutupi daging sehingga pada saat dibakar, daging tidak sehangus sate kambing biasa. Yang hangus adalah parutan kelapanya. Sate kelapa ini dihidangkan dengan bumbu kacang, dan bumbu kecap. Rasa gurih kelapa dan bumbu kacang mendominasi sate ini. Kalau anda penyuka pedas, anda bisa minta sambal pedas saat memesan.

Cikal bakal warung sate kelopo Ondomohen ini sudah ada sejak tahun 1952. Perintisnya, Mariam, orangtua Naifa, yang waktu itu berjualan di jln. Genteng. Sejak tahun 1988, usaha sate kelopo ini dilanjutkan anak-anaknya, Asih dan Naifa. Asih kebagian buka warung pagi sampai sore. Lokasinya di jln. Walikota Mustajab, tepatnya di mulut gang Ondomohen Magersari II, di sebuah warung bercat orange di tepi jalan raya. Sedangkan Naifa buka warung dari sore hingga malam hari. Lokasinya di jalan yang sama, hanya berjarak 40 km.

No comments:

Post a Comment