Khasiat dan Manfaat

RENG ONENG AHLINYA MASAKAN MADURA


 Adress :    
 Jln. Bratang Binangun 67
Surabaya
 Telp. 031 - 5913185
 Buka tiap hari pukul 06.00 - 22.00





     
     Sesuai dengan spesialisnya, warung ini menyediakan sebagian besar masakan-masakan khas Madura yang kini mulai sulit dicari seperti nasi serpang, soto pamekasan, nasi jejen, nasi daging karang binaci, rujak Madura, dan minuman pokak hangat.
     Nasi jejen adalah hidangan khas Madura yang berasal dari Pamekasan. Nasi jejen adalah nasi dengan lauk berupa serundeng (parutan kelapa berbumbu), opor telur, dendeng ragi, daging osik-osik (daging yang dibumbui rendang berwarna kuning keemasan), dan taburan bawang merah goreng. Dihidangkan secara tradisional dengan alas daun pisang. Yang paling istimewa dari menu ini adalah sambalnya yang khas yang terbuat dari petis asin , bukan petis manis khas sidoarjo. Telur di nasi jejen juga berwarna cokelat karena dimasak dengan petis dari Madura yang juga berwarna cokelat, bukan hitam. Petis asin memang menjadi ciri khas masakan tradisional di Pamekasan.
     Nasi serpang merupakan makanan khas Bangkalan. Makanan ini berupa nasi putih hangat dengan lauk brengkes (pepes) udang dan ikan tongkol, sambal goreng tahu dan cecek (kulit sapi), dendeng sapi manis, semur soun, serundeng renyah, irisan telur asin, rempeyek, dan sambal pedas khas Madura.
     Menu unik lainnya, soto pohong yang merupakan makanan khas Sumenep. Ini seperti soto Madura biasa tapi berisi potongan pohong (singkong) rebus dan lontong dengan siraman bumbu kacang dengan kuah jeroan (usus dan babat) dengan taburan taoge dan bawang goreng.
     Harga makanan-makanannya cukup terjangkau, sekitar Rp.8000,- - Rp12.000,- seporsi. Selain makanan Anda juga bisa mendapatkan camilan atau oleh-oleh khas Madura seperti kacang lurjuk, keripik tenggeng (singkong), kacang dan petis Madura.

No comments:

Post a Comment