Khasiat dan Manfaat

Kapri

    Kapri atau kacang kapri adalah salah satu jenis sayuran buah yang banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional di Indonesia. Buahnya berwarna hijau dabn bertipe polong, dipanen ketika masih muda dan bijinya belum berkembang penuh, shingga berbentuk penuh, sehingga berbentuk pipih dan masih lunak. Jika terlelu tua dipanen polong kapri berserat tebal dan tidak enak lagi untuk dikonsumsi.
     Tanaman kapri tumbuh merambat, sehingga harus memakai penopang dari bambu atau dari kayu. Dibudidayakan di daerah dataran di Indonesia.
     Ada dua tipe kapri, yaitu: pertama, dikenal sebagai snow pea. Bentuk bijinya pipih. Tipe ini populer di Indonesia. Kedua, dikenal sebagai snap pea atau sugar snap pea. Bentuk bijinya bulat.
     Masakan yang menggunakan kapri kebanyakan adlah makanan dengan pengaruh Tiongkok, sperti nasi goreng. Capcay juga sering dilengkapi dengan kapri. Sayur kapri juga dapat ditumis atau menjadi salah satu bahan dari sup.
     Kacang kapri memiliki beberapa kandungan yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kandungan tersebut adalah protein, serat, vitamin, mineral, asam amino, lysine, triptofan, dan sulfur.

No comments:

Post a Comment