Khasiat dan Manfaat

Khasiat kentang

Khasiat dan manfaat kentang bagi tubuh manusia tersebut adalah:
  1. Pencegah hipertensi. Kentang sangat menguntungkan bagi penurunan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan dalam kentang terdapat kandungan kalsium yang lumayan tinggi. Kalsium yang ada dalam kentang dapat menyeimbangkan sodium (natrium) yang dikonsumsi berlebihan dalam tubuh. Sebagaimana diketahui bahwa sodium yang dikonsumsi berlebihan akan berefek pada meningkatnya tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi kentang ini sangat baik buat keseimbangan kalsium dan sodium dalam tubuh. Sehingga tekanan darah tinggi dapat dicegah atau diatasi.
  2. Penawar racun. Umbi kentang sebagai penawar racun alami asam yang berlebihan atau asidosis. Kentang penting membantu pertumbuhan bakteri dalam saluran pencernaan tubuh kita. Kandungan garam alkali menjadikan kentang sebagai slah satu makanan basa yang paling kuat, karena itu kentang sangat berguna untuk menjaga cadangan alkali tubuh.
  3. Menghilangkan endapan kolesterol. Kandungan potassium kentang, dua kali lipat dari kandungan potassium dalam pisang dan fiber. Dengan begitu, kentang dapat menghalang endapan kolesterol di dalam lapisan saluran darah. Selain itu kentang merupakan sumber terbaik dalam pembentukan zat besi dalam darah.
  4. Radang otot dan persendian. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli kesehatan membuktikan bahwa jus kentang mentah bisa membantu mengurangi penyakit yang menyerang sendi-sendi (arthritis), radang otot (rematik). Kentang juga bagus bila dijadikan salep atau popok pada otot yang terkilir, luka-luka kecil, dan luka bakar ringan. Caranya, kentang diparut dan ditempelkan pada luka atau nyeri yang dirasakan selama 15 menit, lakukan secara rutin, maka luka akan segera sembuh.
  5. Menghilangkan noda hitam atau bengkak pada mata. Parutan kentang yang ditempelkan pada kelopak mata, mampu menghilangkan noda hitam pada mata (dark circles) dan sekiranya dicampur dengan krim, bisa memperlambat munculnya kerut dimuka.
  6. Melembutkan dan memutihkan tangan. Kandungan potassium, dan vitamin C dalam kentang sangat cocok untuk perawatan kulit, seperti wajah berminyak dan berjerawat. Wajah berminyak : kupas dan parut 2 buah kentang, lalu oleskan pada wajah hingga rata biarkan selama 1/2 jam, bersihkan dengan air dingin bersih. Untuk Wajah berminyak: 1 buah kentang diiris tipis-tipis, tempelkan ke seluruh wajah. Biarkan kentang menjadi kering dan berwarna keabuan. bersihkan dengan air bersih dingin.
  7. Menu alternatif untuk diet. Kentang dapat dijadikan menu utama untuk diet. Hal itu dikarenakan dalam kentang terdapat kandungan karbohidrat yang sangat tinggi sehingga dapat dijadikan makanan pokok pengganti nasi.
  8. Mengobati kutil. Sejak jaman nenek moyang kentang sudah dijadikan obat penghilang kutil. Karena di dalam kentang terdapat kandungan vitamin C yang dapat meredakan atau menghilangkan kutil. Caranya, cukup dengan mengoleskan irisan kentang ke kutil secara rutin, maka kutilpun pelan-pelan akan menghilang.
  9. Mengobati penyakit maag. Kentang sangat cocok bagi Anda yang memiliki penyakit maag atau sering mengalami sakit karena kelebihan asam lambung. Sebab dalam kentang terkandung atropine yang dapat membantu mengurangi asam lambung dan mengurangi sakit pada lambung.
  10. Sangat penting untuk pertumbuhan badan dan otak. Zat lysine yang terdapat dalam kentang dipercaya mampu sebagai zat untuk pertumbuhan badan dan otak anak.

No comments:

Post a Comment