Khasiat dan Manfaat

Khasiat Labu Siam

Khasiat dan manfaat dari labu siam antara lain:
  1. Sebagai penurun kolesterol, Kandungan saponin sangat bermanfaat untuk menghambat dan mencegah penyerapan kolesterol di dalam darah.
  2. Melancarkan buang air kecil. Air labu siam memiliki efek diuretic yang baik, sehingga melancarkan buang air kecil. Dengan begitu kelebihan asam urat bisa segera dikeluarkan dari dalam tubuh.
  3. Menurunkan tekanan darah tinggi. Pada labu siam juga terkandung komponen tanin yang bersifat antimikroba, serta alkaloid yang mampu memperlancar peredaran darah sehingga mencegah penyakit stroke.
  4. Menurunkan panas.
  5. Memperlancar proses pencernaan.
  6. Mengatasi sembelit. Kandungan serat yang terdapat dalam labu siam sangat baik untuk mengatasi sembelit dan aman untuk lambung yang sensitif atau radang usus.
  7. Mengurangi resiko penyakit kanker. Serat dalam labu siam dapat mengurangi resiko penyakit kanker yang disebabkan sisitem pencernaan yang tidak sempurna.
  8. Baik bagi ibu hamil. Asam folat sangat penting bagi ibu hamil karena dapat mengurangi resiko kelahiran bayi cacat. Konsumsi asam folat yang rendah pada ibu hamil berhubungan erat dengan berat bayi lahir rendah dan kejadian neural tube defect ( gangguan otak). Kekurangan asam folat ditandai oleh gejala anemia, yaitu jumlah sel butir darah merah berkurang. Kebutuhan asam folat pada orang dewasa adalah 400 mkg perhari. Kebutuhan ini menjadi dua kali lipat pada ibu hamil, dan bertambah 50% pada ibu yang sedang menyusui.
  9. Menurunkan kadar gula dalam darah (diabetes). Hal itu disebabkan pada labu siam terdapat kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga penderita diabetes tidak perlu mengkonsumsi makanan pokok berlebihan
  10. Memeperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan, sehingga tubuh menjadi segar.
  11. Menurunkan kadar garam di dalam darah  melalui pembuangan air seni.
  12. Obat wasir. Serat yang tinggi dalam labu siam ini sangat baik untuk mencegah dan mengobati wasir.
  13. Menjaga kesehatan ginjal. Kandungan air yang tinggi pada labu siam membuatnya sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal.

No comments:

Post a Comment