Khasiat dan Manfaat

Nasi Liwet Yu Sani



Di kota Solo banyak sekali penjual nasi liwet. tak mengherankan karena nasi liwet merupakan ikon kuliner kota ini. Masakan ini konon merupakan menu khas istana keraton Surakarta.

Warung ini berada di luar kota solo. Tepatnya di kawasan pertokoan Solo Baru, daerah satelit kota Solo yang sudah masuk kabupaten Sukoharjo. Jaraknya sekitar dua kilometer dari kota Solo. Dari arah Solo, warung tenda Yu Sani berada di kiri jalan setelah bundaran air mancur. tempat duduk lesehannya bersih dan nyaman.

Keistimewaan Nasi Liwet Yu Sani adalah yang super gurih, baik nasi maupun sayuran dan daging ayamnya. Kegurihan nasi liwet Yu Sani dikarenakan "keberanian" menggunakan santan kelapa. untuk memproses 30 kg beras, 25 ekor ayam, dan 50 kg labu siam, Yu Sani menggunakan 50 butir kelapa.

Kuah nasi liwet Yu Sani juga tidak berisi gerusan cabai pada umumnya nasi liwet. Ini dikarenakan Yu Sani hanya menggunakan air saringan bumbu yang diuleg. Ini yang membuat kuah sayur terasa lembut meski warnanya kuning kemerah-merahan.

Satu porsi nasi liwet terdiri dari nasi gurih, sayur jepan (labu siam), tempe tahu bacem, telur pindang, kuning telur kukus, dan suwiran daging ayam. tak lupa pula areh atau klumut, endapan santan yang di campur putih telur kemudian dikukus setelah di tambah garam.


No comments:

Post a Comment