Khasiat dan Manfaat

Sawi Hijau (Caysim)

                                           
     Diantara banyak jenis sayur, sawi termasuk sayuran yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia. Dimana sawi hijau merupakan tanaman semusim yang memiliki warna hijau segar. Ia mempunyai akar tunggang dengan banyak akar samping yang dangkal. Batang tanaman sawi hijau pendek dan lebih langsing. Bentuk daun yang lonjong, halus, tidak berbulu, dan tidak berkrop dengan bagian ujungnya tumpul. Bunganya kecil mirip petai, tersusun majemuk berkarang, tetapi rangkaian tandan lebih pendek. Mahkota bunganya berwarna kuning pucat spesifik. Bijinya berukuran kecil dan berwarna hitam kecokelatan serta terdapat dalam kedua sisi dinding sekat polong yang gemuk.
     Sawi hijau juga dikenal pula sebagai caisin, caisim, sawi bakso. Sayuran ini mudah dibudidayakan karena mudah tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Bila ditanam pada suhu sejuk tumbuhan ini akan cepat berbunga. Karena biasanya dipanen seluruh bagian tubuhnya (kecuali akarnya).
     Rasanya yang renyah, segar, dengan sedikit sekali rasa pahit. Selain enak dirumis atau dioseng, juga untuk pedagang mie bakso, mie ayam, atau restoran cina.
     Sawi hijau diketahui banyak mengandung serat, vitamin A, B, B2, B6, C, kalium, fosfor, tembaga, magnesium, zat besi, karbohidrat, lemak, kalsium, mangan, folat, triptofon, protein dan serat.
 

No comments:

Post a Comment