Khasiat dan Manfaat

Terung




     Terung merupakan salah satu jenis sayuran yang berbentuk buah. Terung merupakan sayuran yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, baik di kota maupun di desa. Hal tersebut dikarenakan terung sangat mudah didapat. Sayuran ini banyak dijajakan para pedagang sayuran di pasar-pasar tradisional.
     Terung berasal dari India dan Srilangka. Tinggi tanaman ini tumbuh hingga 40-150cm. Daunnya besar, dengan lobus yang kasar. Ukurannya 10-20 cm panjangnya dan 5-10 cm lebarnya. Jenis-jenis setengah liar lebih besar dan tumbuh hingga setinggi 225 cm, dengan daun yang melebihi 30 cm dan 15 cm panjangnya. Warna bunganya antara putih hingga ungu , dengan mahkota yang memiliki lima lobus. Benang sarinya berwarna kuning.
      Buah terung merupakan buah sejati tunggal, berdaging tebal, lunak, dan berair. Terdapat satu buah terung dalam satu tangkai, tetapi ada juga yang lebih dari satu buah dalam satu tangkai. Buah terung memiliki biji yang banyak tersebar di dalam daging. berbentuknya pipih, berwarna cokelat muda. biji tersebut merupakan alat reproduksi atau perbanyakan tanaman secara generatif. Sedangkan daun kelopak melekat pada dasar buah, berwarna hijau atau keunguan.
     Bentuk, ukuran, maupun warna kulit, terung sangat beragam, tergantung pada varietasnya. Dari segi bentuk buahnya, ada yang bulat, bulat panjang dan setengah bulat. Ukuran buah bervariasi dari kecil, sedang, dan besar. Sedangkan warna kulit buah bervariasi dari ungu, hijau keputih-putihan, putih, putih keunguan, serta hitam atau ungu tua. Di dalam buah terdapat biji dalam jumlah banyak.
     Jenis terung yang umum diperjualbelikan adalah : pertama terung gelatik. Terung jenis ini umumnya dibuat lalap, sehingga sering juga disebut sebagai terung lalap. Buahnya bulat kecil berwarna hijau, teksturnya renyah, rasanya langu tapi tidak getir.
     Kedua, terung kopek. Terung jenis ini memiliki bentuk  buah bulat panjang, bagian ujungnya tumpul, lurus, berwarna ungu, hijau keunguan, atau hijau muda. Rasanya agak manis dan tekstur daging buahnya lunak.
     Ketiga, terung craigi. Terung jenis ini memiliki buah berbentuk bulat panjang (lurus atau bengkok), berwarna ungu atau ungu muda, serta ujungnya meruncing.
     Keempat, terung medan. Terung jenis ini berbentuk bulat panjang, warnanya hijau bergaris-garis putih, rasanya manis tapi agak asam.
     Kelima, terung bogor. Terung jenis ini memiliki buah berbentuk bulat besar, sehingga dikenal juga sebagai terung kelapa. Warnanya putih atau hijau keputih-putihan, teksturnya renyah, rasanya sedikit manis dan agak getir (kelat).
     Keenam, terung jepang. Terung jenis ini memiliki bentuk yang beragam, yaitu silindris, lonjong, oval atau bulat, serta warna kulit yang ungu hingga ungu gelap mengkilap. Varietas terung jepang yang sangat dikenal adalah moneymaker2 dan black shine.
     Sayuran ini dapat diolah dengan berbagai jenis masakan, seperti balado terung, sambal terung, lodeh terung, karedok, lalapan, dan lain sebagainya. Terung memiliki cita rasa yang sangat lezat dan bergizi. Oleh sebab itu sayur ini sangat diminati oleh masyarakat Indonesia.
     Selain lezat, tentunya memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan tersebut adalah kadar energi, kalsium, kalium, asam folat, serat, flavonoid, antioksidan, asam klorogenat, tripsin inhibitor, vitamin A dan vitamin C.
         







No comments:

Post a Comment