Khasiat dan Manfaat

MENIRAN (Phyllanthus Niruri L )

                                              
      Herba meniran tumbuh liar di tanah datar dan daerah pegunungan hingga tinggi 1 mm sampai 1000 m dari permukaan laut. Tumbuhan ini tumbuh liar di tempat terbuka pada tanah gembur, berpasir di ladang, tepi sungai dan di pantai, bahkan tumbuh liar di sekitar pekarangan rumah. Tanaman ini menyebar luas hampir ke setiap daerah tropis ataupun subtropis seperti India, Cina, Malaysia, Filipina, dan Australia.
      Meniran merupakan tanaman, semusim, tumbuh tegak, tinggi 30-50 cm, bercabang–cabang. Batang berwarna hijau pucat. Daun tunggal, letak berseling. Helaian daun bundar memanjang, ujung tumpul, pangkal membulat, permukaan bawah berbintik kelenjar, tepi rata, panjang sekitar 1,5 cm, lebar sekitar 7 mm, berwarna hijau. Dalam satu tanaman ada bunga betina dan bunga jantan. Bunga jantan keluar di bawah ketiak daun, sedangkan bunga betina keluar di atas ketiak daun. Buahnya kotak, bulat pipih, licin, bergaris tengah 2-2,5 mm. Bijinya kecil, keras, berbentuk ginjal, berwarna coklat.

Kandungan kimia : Flavonoid, Lignan, Tanin, Alkaloid, Saponin

Khasiat : Membersihkan hati, Anti radang, Anti demam, Peluruh dahak, Peluruh haid, Penambah nafsu makan.

Bagian tanaman yang digunakan : Seluruh bagian tanaman

Cara pengobatan :
1. Sakit Kuning : Bahan utama terdiri dari 16 Tanaman Meniran (akar, Batang, daun) dan bahan tambahan yaitu 2 gelas air susu. Cara membuat: tanaman meniran dicuci lalu ditumbuk halus dan direbus dengan 2 gelas air susu sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Cara menggunakan: disaring dan diminum sekaligus; dilakukan setiap hari.
2. Malaria : Bahan utama terdiri dari 7 batang tanaman meniran lengkap dan bahan tambahan 5 Biji bunga cengkeh kering dan 1 potong kayu manis Cara membuat: seluruh bahan dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus dan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Cara menggunakan: disaring dan diminum 2 kali sehari.
3. Ayan : Bahan utama yaitu 17 – 21 batang tanaman meniran (akar, batang, daun dan bunga). Cara membuat: bahan dicuci bersih, kemudian direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal ± 2,5 gelas. Cara menggunakan: disaring dan diminum 1 kali sehari sehari 3/4 gelas selama 3 hari berturut-turut
4. Demam : Bahan utama: 3-7 batang tanaman meniran lengkap (akar, batang, daun dan bunga). Cara membuat: bahan dicuci bersih, kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas. Cara menggunakan: disaring, kemudian diminum sekaligus.
5. Batuk : Bahan utama: 3 – 7 batang tanaman meniran lengkap (akar, batang, daun, dan bunga) dan Bahan tambahan madu secukupnya. Cara membuat: Bahan dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus dan direbus dengan 3 sendok makan air masak, hasilnya dicampur dengan 1 sendok makan madu sampai merata. Cara menggunakan: diminum sekaligus dan dilakukan 2 kali sehari.
6. Disentri : Bahan Utama: 17 batang tanaman meniran lengkap (akar, batang, daun dan bunga). Cara membuat: direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Cara menggunakan: disaring dan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
7. Penambah nafsu makan :  30-60 gr meniran direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. setelah dingin disaring dan diminum sekaligus.

No comments:

Post a Comment