Khasiat dan Manfaat

BUAH PREM / PLUM


     Ciri-ciri dari buah plum adalah ukuran buahnya yang kecil dengan biji yang keras seperti anggur dengan daging buah yang tebal.
Rasa buah plum terasa manis dan asam. Buah yang  mengandung banyak air ini biasanya memiliki warna hijau kekuningan, sedangkan buah plum di Eropa biasanya berwarna ungu.
Buah plum memiliki kalori yang rendah dan sumber zat besi yang tinggi. Selain itu buah ini mampu meningkatkan hemoglobin.
     Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah plum mengandung phytonutrients, yaitu asam chlorogenik dan neochlorogenic yang melindungi tubuh dari kerusakan oksigen pada sel otak, kolesterol dan trigliserida yang mengalir pada darah dan membran sel.
Hampir seluruh bagian dari pohon plum, yaitu bagian batang, kulit, daun, buah dan biji dari buah plum mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan atau menyembuhkan  penyakit. Misalnya untuk menyembuhkan kencing manis, sembelit atau diare, dan lain-lain.
     Selain itu hampir semua bagian dari tanaman plum juga mempunyai manfaat yang lain. Misalnya batang pohon bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, kulit kayu untuk menghasilkan zat penyamak (tanin), daun plum untuk makanan ternak, pohon sebagai peneduh di pekarangan atau perkebunan, sebagai penahan angin. Bunga-bunga dari pohon plum bermanfaat sebagai pakan lebah madu.
     Kandungan yang terdapat dalam buah plum antara lain :  Karbohidrat, Lemak, Protein, Air, Vitamin A, Vitamin B1 (thiamine ), Vitamin B2 (riboflavin), Vitamin B3 (niacin), Vitamin B5 (asam pantotenat), Vitamin B6, Vitamin B9 (asam folat), Vitamin C, Kalsium, Besi, Magnesium, Fosfor, Kalium, Sodium, Potasium.

Khasiat dan manfaat  : 

1. Menjaga kestabilan kadar gula darah tetap normal
2. Menstimulasi ginjal
3. Memiliki efek sebagai pencahar ringan
4. Bagus untuk pencernaan
5. Mengandung zat besi yang tinggi
6. Mengurangi risiko infeksi saluran kemih
7. Membantu mencegah serangan jantung
8. Membantu pengaturan tekanan darah
9. Menurunkan kadar kolesterol
10. Efektif untuk masalah kulit, misalnya kulit terbakar dan eksim
11. Mencegah osteoporosis dan patah tulang
12. Mencegah resiko kanker dan diabetes
13. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

No comments:

Post a Comment