Khasiat dan Manfaat

NANAS ( Ananas comosus (L.) Merr.)



     Nanas adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna "buah yang sangat baik". Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.
     Buah ini banyak mengandung vitamin A dan C sebagai antioksidan. Juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain. Bromelain berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan seratnya dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit.  

Khasiat dan manfaat :
  1. Konsumsi buah nanas pada penderita tekanan darah tinggi dipercaya dapat menurunkan tekanan darah secara berangsur.
  2. Kandungan serat yang tinggi pada buah nanas sangat cocok dikonsumsi pada orang yang sedang menjalani masa diet dalam menurunkan berat badan.
  3. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bila di dalam nanas terdapat kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin inilah yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan radikal bebas.
  4. Penyakit musiman seperti influenza kadang menyerang siapa saja dan tak kenal waktu. Padahal dilingkungan sekitar tidak ada satupun yang mengidap penyakit ini. Hal ini disebabkan karena sistem imun tubuh menurun. Buah nanas dipercaya dapat meningkatkan sistem imun sehingga mampu mengatasi penyakit influenza.
  5. Vitamin C yang terkandung dalam buah nanas juga baik untuk perawatan kulit.
  6. Ada beberapa orang dengan masalah pencernaan protein, buah nanas dipercaya dapat mengatasi masalah tersebut dan membantu proses penyembuhan.
  7. Buah nanas mengandung asam sangat tinggi. Tetapi didalam asam buah nanas terdapat enzim bromelain yang mampu menyeimbangkan kadar asam dalam darah.
  8. Mengatasi bengkak atau edema yang disebabkan oleh berbagai faktor.
  9. Asam Aspartic merupakan salah satu jenis asam dalam buah nanas yang bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  10. Memperlambat penuaan dini, masih berkaitan dengan antioksidan dan vitamin C
  11. Manfaat nanas untuk menguatkan otot jantung
  12. Mengangkat sel kulit mati
  13. Mengatas radang kulit yang berkepanjang
  14. Merawat rambut dan mengatasi ketombe
  15. Mengurangi gejala stress
  16. Manfaat Nanas mengatasi telat datang bulan & meningkatkan gairah pria serta memberi nutrisi pada sel sperma

No comments:

Post a Comment